Apabila Perusahaan Melakukan Transaksi Dengan Mata Uang Asing, Berikut Adalah Perlakuan Akuntansi Yang Sesuai, Kecuali?

Apabila perusahaan melakukan transaksi dengan mata uang asing, berikut adalah perlakuan akuntansi yang sesuai, kecuali?

  1. Pada saat pengakuan awal, transaksi valuta asing dicatat dalam dalam mata uang fungsional dengan kurs spot antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal terjadinya transaksi
  2. Pada akhir setiap periode, pos moneter valuta asing dijabarkan menggunakan kurs penutup
  3. Pada akhir setiap periode, pos non moneter yang diukur dalam biaya historis dalam valuta asing dijabarkan menggunakan kurs historis tanggal transaksi dan yang diukur dalam nilai wajar dalam valuta asing dijabarkan menggunakan kurs pada tanggal ketika nilai wajar diukur.
  4. Selisih kurs yang timbul pada penyelesaian pos moneter atau pada proses penjabaran pos moneter pada kurs yang berbeda dari kurs pada saat pos moneter tersebut diukur dijabarkan, pada pengakuan awal selama periode, atau pada periode laporan keuangan sebelumnya, diakui dalam laba rugi komprehensif lain pada periode saat terjadinya.
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: B. Pada akhir setiap periode, pos moneter valuta asing dijabarkan menggunakan kurs penutup.

Dilansir dari Ensiklopedia, apabila perusahaan melakukan transaksi dengan mata uang asing, berikut adalah perlakuan akuntansi yang sesuai, kecuali Pada akhir setiap periode, pos moneter valuta asing dijabarkan menggunakan kurs penutup.

Baca Juga  Niat Yang Baik Akan Mendatangkan?

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Pada saat pengakuan awal, transaksi valuta asing dicatat dalam dalam mata uang fungsional dengan kurs spot antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal terjadinya transaksi adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Pada akhir setiap periode, pos moneter valuta asing dijabarkan menggunakan kurs penutup adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga  Dalam Melakukan Kajian Tentang Masyarakat Sosiologi Mendasarkan Pada Hasil Observasi Dan Tidak Spekulatif Serta Hanya Menggunakan Akal Sehat (common Sense). Hal Ini Sesuai Dengan Salah Satu Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Yaitu Bahwa Sosiologi Bersifat?

Menurut saya jawaban C. Pada akhir setiap periode, pos non moneter yang diukur dalam biaya historis dalam valuta asing dijabarkan menggunakan kurs historis tanggal transaksi dan yang diukur dalam nilai wajar dalam valuta asing dijabarkan menggunakan kurs pada tanggal ketika nilai wajar diukur. adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Selisih kurs yang timbul pada penyelesaian pos moneter atau pada proses penjabaran pos moneter pada kurs yang berbeda dari kurs pada saat pos moneter tersebut diukur dijabarkan, pada pengakuan awal selama periode, atau pada periode laporan keuangan sebelumnya, diakui dalam laba rugi komprehensif lain pada periode saat terjadinya. adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Baca Juga  Pernyataan Berikut Ini Yang Termasuk Faktor Internal Penyebab Terjadinya Kasus Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Adalah?

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. Pada akhir setiap periode, pos moneter valuta asing dijabarkan menggunakan kurs penutup.

Baca Juga  Rumusan Dasar Negara Pancasila Yang Autentik Tercantum Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Yaitu Pada?

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.