Tips dan Trik

Cara Lapor dan Cancel Order Fiktif Grab dan Gojek 2018

Cara Lapor dan Cancel Order Fiktif Grab dan Gojek
Penulis Arc
Ditulis Oleh Penulis Arc

Kuotamedia.com | Sebagai pengguna layanan Ojek Online seperti Grab dan Gojek, tentunya kita sangat dirugikan dengan adanya Opik (Order Fiktif) khususnya bagi para drivernya. Dimana selain akan membuang waktu, driver pun tidak jadi menerima fee karena penumpangnya hanya berstatus fiktif belaka alias tidak ada. Lantas, adakah cara lapor dan cancel order fiktif Grab dan Gojek?

Sebagai layanan transportasi online masa kini, Grab dan Gojek merupakan situs layanan transportasi yang sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Selain menjadi sarana transportasi modern, kebanyakan masyarakat juga ikut andil sebagai minta dan driver Grab Gojek untuk menambah penghabisalan mereka.

Sayangnya, layanan ini tidak selalu menguntungkan khususnya bagi mereka para driver. Dimana keuntungan yang seharusnya mereka dapatkan dari hasil “ngojek” justru berbuah kerugian akibat adanya laporan order fiktif yang mereka terima.

Apa Itu Order Fiktif Grab dan Gojek?

Order Fiktif atau yang sering disingkat menjadi Opik adalah pemberitahuan orderan penumpang yang masuk melalui notifikasi driver yang bersifat fiktif alias tidak ada. Orderan seperti ini memang sedang marak terjadi dan membuat driver Grab dan Gojek resah dibuatnya. Selain dirugikan dari segi waktu, penghasilan pun juga akan menurun akibat kendala orderan fiktif seperti ini.

Dan yang lebih parahnya lagi, kebanyakan driver Grab dan Gojek tidak tahu cara lapor dan cancel order fiktif Grab dan Gojek seperti ini. Alhasil mereka tetap melayani penumpang fiktif yang sebenarnya tidak ada dengan alasan takut rating drivernya akan menurun. Jika rating turun tentu saja mereka akan gagal menerima bonus intensif dari pihak penyedia layanan. Tentu sangat merepotkan bukan?

Cara Lapor dan Cancel Order Fiktif Grab dan Gojek

Melihat situasi di atas, sebenarnya kamu bisa melaporkan orderan fiktif ini pada pihak aplikator. Hanya saja, cara seperti ini belum banyak diketahui oleh driver Grab dan Gojek. Nah, untuk kamu yang sering menerima orderan fiktif dan ingin melakukan lapor atau cancel tanpa harus mengurangi rating driver. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

Cara Lapor Order Fiktif Grab

  1. Bagi driver Grab, silahkan buka URL untuk melaporkan orderan fiktif yang kamu terima di grb.to/LawanOpik
  2. Disana terdapat form laporan Opik yang harus kamu isi semua datanya
  3. Isi semua data yang ada, antara lain:
  • Nama Kota: silahkan isi nama kota kamu
  • Kode Booking: silahkan isi dengan kode booking order fiktif yang telah diterima
  • Pada kategori order fiktif, silahkan pilih salah satu dari ketiga opsi yang tersedia: 1. Dihubungi secara berulang kali namun tidak diterima, 2. Meminta berjalan tanpa ada penumpang yang sebenarnya, 3. Cancel order tanpa ada keterangan
  1. Jika form lapor order fiktif sudah kamu isi, silahkan tap berikutnya dan tekan bagian kirim

Cara Lapor Order Fiktif Gojek

  1. Bagi driver Gojek, silahkan catat nomor order fiktif yang sudah kamu terima
  2. Pickup – Selesai
  3. Silahkan laporkan masalah order fiktof yang terjadi pada Costumer Service Gojek (Disini untuk nomor masing-masing CS setiap kota berbeda-beda)
  4. Untuk antisipasi, silahkan screnshoot bukti laporan atau SMS notifikasi untuk berjaga-jaga jika terjadi suspend di akun Gojek kalian
  5. Untuk lapor order fiktif Gojek, kalian bisa kirim SMS dengan format: Order#Nama#Nomor Telepon Gojek#Nomor Order#Tulis masalah yang kamu alami lalu kirimkan ke nomor CS Gojek.

Karena nomor CS Gojek masing-masing kota berbeda, berikut adalah nomor CS untuk beberapa kota besar di Indonesia:

  • Jakarta: 081293904545
  • Surabaya: 081293904799
  • Bandung: 081293904339
  • Makasar: 081293904979
  • Bali: 081293904879

Karena nomor hanya tersedia untuk beberapa kota besar di Indonesia, lantas bagaimana jika kota kamu tidak memiliki nomor CS Gojek? Tenang, kamu tetap bisa melakukan pelaporan order fiktif Gojek melalu akun Twitter Gojek Indonesia dengan cara sebagai berikut:

  • Silahkan screenshoot nomor order fiktif yang sudah kamu terima
  • Mention masalah tersebut ke akun Twitter @gojekindonesia
  • Jika kamu mendapatkan balasan dari akun tersebut. silahkan kirim DM dengan format nama, nomor telepon gojek, nomor order fiktif, dan juga permasalahan yang kamu terima
  • Untuk berjaga-jaga, silahkan screenshoot kembali bukti pelaporan yang sudah kamu lakukan untuk antisipasi jika akun tersuspend
  • Jika keterangan Pickup – Selesai tidak bisa hilang, maka biasanya akan muncul notifikasi jika order fiktif telah di cancel oleh CS atau sistem.

Itulah cara lapor dan cancel order fiktif Grab dan Gojek yang bisa kamu lakukan. Dengan langkah ini maka kamu tak perlu kuatir lagi jika mendapatkan orderan fiktif yang cukup merugikan. Tinggal lakukan lapor order fiktif, maka orderan fiktif akan di cancel secara otomatis oleh CS atau sistem Gojek.

Tinggalkan Komentar