“Jimbron Adalah Seorang Yang Membuat Kami Takjub Dengan Tiga Macam Keheranan. Pertama, Kami Heran Karena Kalau Mengaji, Ia Selalu Diantar Seorang Pendeta. Sebetulnya Beliau Adalah Seorang Pastor Karena Beliau Seorang Katolik, Tapi Kami Memanggilnya Pendeta Geovany. Rupanya Setelah Sebatang Kara Seperti Arai Ia Menjadi Anak Asuh Sang Pendeta. Namun, Pendeta Berdarah Italia Itu Tak Sedikit Pun Bermaksud Mengonversi Keyakinan Jimbron. Beliau Malah Tak Pernah Telat Jika Mengantarkan Jimbron Mengaji Ke Masjid” (SP, 61) Interpretasi Pandangan Pengarang Pada Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Tersebut Adalah?

“Jimbron adalah seorang yang membuat kami takjub dengan tiga macam keheranan. Pertama, kami heran karena kalau mengaji, ia selalu diantar seorang pendeta. Sebetulnya beliau adalah seorang pastor karena beliau seorang Katolik, tapi kami memanggilnya Pendeta Geovany. Rupanya setelah sebatang kara seperti Arai ia menjadi anak asuh sang pendeta. Namun, pendeta berdarah Italia itu tak sedikit pun bermaksud mengonversi keyakinan Jimbron. Beliau malah tak pernah telat jika mengantarkan Jimbron mengaji ke masjid” (SP, 61) Interpretasi pandangan pengarang pada novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata tersebut adalah?

  1. Sangat setuju dengan pandangan pengarang, melalui tokoh Jimron pengarang memberikan gambaran kehidupan religius walaupun hidup berbeda agama dan pengarang juga memberikan gambaran cerminan toleransi dan jiwa sosial melalui tokoh pendeta.
  2. Tidak setuju dengan pandangan pengarang, melalui tokoh pendeta pengarang memberikan gambaran kehidupan yang religius walaupun hidup berbeda agama.
  3. Pengarang menghadirkan tokoh Jimbron dalam novel Sang Pemimpi mencerminkan tokoh yang taat beragama dengan mengaji setiap harinya, walaupun dia hidup di lingkungan agama yang berbeda, yaitu agama Katolik. Kemudian pengarang juga menghadirkan cerminan toleransi dan jiwa sosial melalui tokoh pendeta.
  4. Pengarang memunculkan tokoh pendeta dalam novel tersebut guna menunjukkan religiuitas tokoh.
  5. Setuju dengan pandangan pengarang, sebab pengarang menciptakan tokoh Jimron dan pendeta agar novel Sang Pemimpi menarik untuk dibaca.

Jawaban yang benar adalah: D. Pengarang memunculkan tokoh pendeta dalam novel tersebut guna menunjukkan religiuitas tokoh..

Dilansir dari Ensiklopedia, “jimbron adalah seorang yang membuat kami takjub dengan tiga macam keheranan. pertama, kami heran karena kalau mengaji, ia selalu diantar seorang pendeta. sebetulnya beliau adalah seorang pastor karena beliau seorang katolik, tapi kami memanggilnya pendeta geovany. rupanya setelah sebatang kara seperti arai ia menjadi anak asuh sang pendeta. namun, pendeta berdarah italia itu tak sedikit pun bermaksud mengonversi keyakinan jimbron. beliau malah tak pernah telat jika mengantarkan jimbron mengaji ke masjid” (sp, 61) interpretasi pandangan pengarang pada novel sang pemimpi karya andrea hirata tersebut adalah Pengarang memunculkan tokoh pendeta dalam novel tersebut guna menunjukkan religiuitas tokoh..

Baca Juga  Sebuah Penyerahan Kekuasaan Dan Juga Wewenang Pemerintah Secara Penuh Kepada Pemerintah Pusat Disebut?

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Sangat setuju dengan pandangan pengarang, melalui tokoh Jimron pengarang memberikan gambaran kehidupan religius walaupun hidup berbeda agama dan pengarang juga memberikan gambaran cerminan toleransi dan jiwa sosial melalui tokoh pendeta. adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Tidak setuju dengan pandangan pengarang, melalui tokoh pendeta pengarang memberikan gambaran kehidupan yang religius walaupun hidup berbeda agama. adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Baca Juga  PBB Mempunyai Peran Terhadap Bangsa Indonesia. Adapun Peran Tersebut Adalah?

Menurut saya jawaban C. Pengarang menghadirkan tokoh Jimbron dalam novel Sang Pemimpi mencerminkan tokoh yang taat beragama dengan mengaji setiap harinya, walaupun dia hidup di lingkungan agama yang berbeda, yaitu agama Katolik. Kemudian pengarang juga menghadirkan cerminan toleransi dan jiwa sosial melalui tokoh pendeta. adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. Pengarang memunculkan tokoh pendeta dalam novel tersebut guna menunjukkan religiuitas tokoh. adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga  Salah Satu Persoalan Yang Sedang Diperjuangkan Oleh Setiap Negara Sebagai Akibat Dari Globalisasi Dalam Bidang Politik Adalah?

Menurut saya jawaban E. Setuju dengan pandangan pengarang, sebab pengarang menciptakan tokoh Jimron dan pendeta agar novel Sang Pemimpi menarik untuk dibaca. adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. Pengarang memunculkan tokoh pendeta dalam novel tersebut guna menunjukkan religiuitas tokoh..

Baca Juga  Biaya-biaya Yang Diperlukan Untuk Memasarkan Dan Mendistribusikan Barang Atau Jasa Adalah?

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.