Langkah langkah yang dilakukan untuk menginstal ftp server yaitu

1.Pertama tama, Buka VirtualBox dan jalankan machine Debian 10 yang telah kita install sebelumnya.
2.Login menggunakan user root.
3.Selanjutnya instalasi paket FTP Servernya dengan perintah apt-get install proftpd.
4.Jika ada pertanyaan “Do you want to continue [Y/n]” ketik Y/y lalu Enter.
5.Kita akan disuruh memasukkan DVD 2 Debian 10, untuk memasukkannya bisa melalui icon CD/Piringan yang terdapat di tampilan bawah pada VirtualBox atau footer VirtualBox.
6.Sekarang kita akan melakukan konfigurasi FTP Server agar dapat melakukan sharing dengan komputer client. Ketik perintah nano /etc/proftpd/proftpd.conf, lalu Enter.
7.Jika sudah, save konfigurasi dengan menekan Ctrl+x pada keyboard, lalu restart service ftp server dengan perintah service proftd restart.
8.Sebelum melakukan pengujian, kita wajib tes koneksi dari client – server dan dari server – client. Untuk client ping IP Address server Debian kita, pada tutorial sebelumnya kita telah menggunakan IP Address 192.168.1.1. Maka disini kita akan melakukan ping ke IP 192.168.1.1…
9.Jika TTL, selanjutnya kita mencoba FTP Server kita apakah bisa diakses atau tidak. Buka Chrome lalu ketikkan ftp://192.168.1.1 (IP Debian 10) Enter. Jika hasilnya seperti dibawah ini, maka FTP Server kalian telah berhasil di konfigurasi dan bisa melakukan file sharing dengan menggunakan layanan FTP Server. Namun jika belum TTL, saya sarankan untuk melihat tutorial agar server dan client dapat .

Baca Juga  Sebutkan tahapan membuat shading teks pada MS. Word

Leave a Reply

Your email address will not be published.